Home > KITABUL JAMI' > MUQADIMAH KTABUL JAMI’

MUQADIMAH KTABUL JAMI’

Segala puji milik Allah Subhanhu Wata’ala.  Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada suri tauladan kita, Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam dan juga keluarga beliau serta para shahabatnya Radiyallahu’anhum.

Buku kecil yang ada dihadapan para pembaca ini, merupakan buku yang sangat baik untuk dimiliki oleh setiap muslim. Didalamnya berisi pelajaran-pelajaran berkaitan dengan Adab, Akhlaq dan Dzikir serta Do’a sehari-hari seorang muslim, yang diambil dari hadits-hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam.

Dalam penshahihan dan pendho’ifan hadits –yang terdapat di catatan kaki- kami merujuk pada karya Syaikh Samir bin Amin az Zuhairi -ketika mentahqiq kitab Bulughul Maram- dan karya-karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani rahimahullah. Apa yang ditulis di awal catatan kaki, di antara dua tanda kurung adalah keterangan dari Syaikh Samir bin Amin az Zuhairi rahimahullah, Sedang selanjutnya adalah keterangan dari Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani rahimahullah.

Dalam beberapa cetakan kitab Bulughul Maram, kadang terdapat beberapa perbedaan dalam lafadz matan haditsnya. Dalam buku ini, kami merujuk kepada tiga buah kitab, yaitu:

  1. Bulughul Maram yang ditahqiq oleh Syaikh Samir bin Amin az-Zuhairi, 1424 H cetakan ke-7, yang kemudian kami singkat dengan (Z)
  2. Bulughul Maram yang ditahqiq oleh Syaikh Kholid bin Dhoifullah Asy Syalahi,  Penerbit: Muassasah Ar-Risalah, 1424 H, yang kemudian kami singkat dengan (K)
  3. Bulughul Maram yang ditahqiq oleh Syaikh ‘Ishom Musa Hadi, Penerbit Daar ash-Siddiq, 1423 H, yang kemudian kami singkat dengan (I).

Jika ada perbedaan lafadz matan hadits pada ke-tiga kitab tersebut, kami cantumkan pada catatan kaki.

Semoga buku kecil ini, bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya. Tentunya dalam penyusunan buku kecil ini, terdapat banyak kekurangannya, karena itu masukan dan saran dari pembaca sangat kami harapkan.

Editor

Abu Yusya

 

Categories: KITABUL JAMI'
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Kirim Komentar