Home > KITABUL JAMI' > HADITS 75 | Menghina orang lain

HADITS 75 | Menghina orang lain

Terjemahan: Dari Mu’adz bin Jabal Radiyallahu’anhu ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: ”Barang siapa menghina saudaranya karena melakukan suatu dosa maka dia tidak akan meninggal dunia sebelum melakukan dosa tersebut”. (HR. at Tirmidzi yang menilainya hasan namun sanadnya munqathi’).

Footnote:

(Palsu) HR. at-Tirmidzi no. 2505. Hadits ini diriwayatkan dari jalan Kholid bin Mi’dan dari Mu’adz bin Jabal, namun sanad hadist ini terputus karena Kholid bin Mi’dan tidak pernah bertemu dengan Muadz bin Jabal. Selain itu dalam sanad hadits ini juga terdapat rowi yang bernama Muhammad bin al Hasan al Hamdani, dan dia seorang pendusta. Syaikh al-Albani berkata dalam as-Silsilah adh-Dho’ifah 1/327 no. 178: “Maudhu‘”.

  1. nur hanza fitri
    23/02/2013 at 13:50

    semoga dengan membaca hadis ini kita tidak menghina orang lain lagi

    • 25/02/2013 at 18:09

      Terimakasih Nur Hanza Fitri🙂
      Amiin…

      meskipun derajat hadits di atas palsu… namun inti kandungan maknanya (dilarang merendahkan/menghina orang lain) patut jadi perhatian besar untuk kita, sebagaimana diketahui hal tersebut sangat dilaknat oleh Allah… karena termasuk perbuatan tercela dan tidak terpuji…

      barangsiapa menghina orang lain sesungguhnya dia “merampas kehormatan seorang muslim”…. dan ini merupakan riba paling besar di sisi Allah sebagaimana hadits Aisyah Radiallahu ‘anha yang diriwayatkan Abu Ya’la. juga hadits senada dari Sa’id bin Zaid Radiallahu anhu yg diriwayatkan oleh Abu dawud…

      Aisyah Radiyallahu ‘anha berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wassalam telah bersabda kepada para sahabat:” Adakah kamu mengetahui apakah riba yang paling besar di sisi Allah?” Jawab mereka: “Allah dan Rasul- Nya lebih mengetahui.” Lalu Rasulullah bersabda: “Riba paling besar di sisi Allah adalah merampas kehormatan seorang muslim.” Kemudian Rasulullah saw membaca ayat: “Dan barang orang yang menyakiti orang-orang beriman laki-laki dan orang-orang beriman perempuan tanpa kesalahan yang mereka perbuat” (HR. Abu Ya’la, sedang sanadnya adalah sanad yang shahih).

      Sa’id bin Zaid Radiyallhu’anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wassalam telah bersabda: “Sebagian dari riba yang paling besar adalah melecehkan kehormatan seorang muslim tanpa adanya hak.” (HR. Abu Dawud).

      yg sepatutnya dilakukan ialah menjaga ukhuwah dengan saling tolong menolong, saling menghormati..dan tidak berprasangka buruk.. sebagaimana hadist berikut..

      Abi Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wassalam telah bersabda: “Setiap muslim terhadap muslim lainnya harus saling memelihara darah, kehormatan, dan harta kekayaannya.” (HR. Muslim dan tirmidzi)…

  2. 16/03/2013 at 13:41

    Hadis yang menjadi renungan,,,

  1. No trackbacks yet.

Kirim Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: